Breaking News

Arsip Berita Bulan Februari Tahun 2013 Bag 2

KADER BERKUALITAS CERMINKAN PARTAI BERKUALITAS

10 Parpol (Partai Politik) peserta Pemilu Tahun 2014, tentunya mempunyai standar pencalonan anggota legislatif yang tegas dan ketat dalam penjaringan. Misalnya, tidak merekrut calon yang pernah tersangkut masalah korupsi atau pelanggar HAM. Apalagi tersandung masalah pidana

Jika hal tersebut dilakukan, dijamin akan melahirkan para wakil rakyat yang benar-benar berintegritas tinggi yang pro rakyat. Namun saat ini, untuk mendulang/meraih suara, Parpol masih menggaet para artis yang tak memiliki latar belakang politik yang jelas.

Rekruitmen seperti ini menunjukkan kegagalan kaderisasi termasuk pragmatisme dalam meraup keuntungan lewat perekrutan artis. Partai politik di Indonesia memang belum terinstitusionalisasi sebagai partai modern. Akibatnya, kinerja para wakil rakyat sepanjang tahun 2012 hanya fokus pada tiga fungsi utama, legislasi, pengawasan, dan anggaran. Akibatnya kepercayaan publik berada di titik nadir.

Ada hal yang menarik ketika penjaringan kader hanya dilakukan semata untuk pemenuhan kuota saja tanpa mempertimbangkan keberlangsungan partai itu sendiri ini dikarenakan banyak dari kader partai yang hanya ingin numpang hidup ataupun numpang beken saja tanpa harus memikirkan bagaimana caranya membesarkan partai itu sendiri. kadang mereka hanya memikirkan bagaimana caranya hidup dipartai untuk keuntungan diri sendri tanpa berpikir bagaimana caranya menghidupkan partai.makanya sekarang banyak partai yang gulung tikar

Seorang anggota legislatif bisa dikatakan berkualitas, jika dalam peraihan suaranya dari hasil konsolidasi bukan karena materi saat berkampanye. sedangkan partai berkualitas dimana kadernya sudah mendapatkan pembekalan melalui sistem yang berlaku dipartainya ,selain bekal materi juga bekal moral yang lebih diutamakan serta diakhiri dengan penelitian khusus ( LITSUS ) tentu saja harus mempunyai loyalitas terhadap partai sudah menjadi tanggung jawab calon legislatip ataupun kader partai dan yang lebih penting mau membuka telinga untuk mendengarkan keinginan rakyat ,mau melihat penderitaan dan kesengsaraan rakyat,dan mau bicara tentang kebenaran katakan salah bila itu salah dan katakan benar bila itu benar jangan menjadi weakil rakyat yang plin plan.(Subakat)

LONGSOR SUKALAKSANA TALEGONG TEWASKAN MAMIH ALIAS KARMANAH 57 TAHUN

 Warga Kampung Pasir Angin RT 01 sampai RT 04 RW 01 Cilamping Desa Sukalaksana Kecamatan Talegong, di hebohkan dengan adanya tanah longsor yang menimpa salah seorang warganya yang  tewas tertimbun tanah longsor saat "ngarambet" (menyiangi) tanaman padi di sawah di kampung setempat, Jum'at (13/2), sekitar pukul 06.00 WIB.

Warga yang tewas tertimbun longsor adalah. Ny. Amih Karmanah (57) Sedangkan rekannya, Enyi (30), selamat dari kejadian tersebut. Menurut Sekretaris Pemerintah Kecamatan, Caca Rifa'i, kejadian berawal ketika Ny. Amih bersama Enyi pagi-pagi pergi bekerja ke sawah untuk "ngarambet", menyiangi dan membersihkan tanaman padi dari tanaman lain yang mengganggu.

Saat itu, Enyi menghentikan kerjanya sementara, dan balik lagi ke rumahnya karena ada sesuatu keperluan. Sepeninggal Enyi, tiba-tiba tanah tebing di belakang Ny. Amih rubuh dan langsung menimbun Ny. Amih tanpa sempat menyelamatkan diri. Padahal hari itu tidak terjadi hujan.
Tak urung, warga pun geger dengan kejadian tersebut. Terlebih tebing mengalami longsor sangat panjang, mencapai sekitar 2 kilometer, mulai kawasan RT 01 Kampung Pasir Angin hingga kawasan RT 04 RW 01 Kampung Cilamping Desa Sukalaksana.
Longsoran tanah juga menimbun lintas ruas jalan kampung cilamping dan kali Cilamping, dan longsoran tanah juga menghancurkan  sekitar 50 hektare areal sawah dan kebun warga.
Sebanyak 45 kepala keluarga (kk) di Kampung Cilamping bahkan diungsikan ke Balai Desa Sukalaksana karena kondisinya terancam longsor susulan.
Di sekitar Balai Desa Sukalaksana juga warga mendirikan tenda-tenda untuk menampung para pengungsi korban terancam tanah longsor.

"Korban ditemukan sekitar pukul 07.30 WIB. Saat ditemukan, korban sudah dalam keadaan meninggal dunia, dan langsung dievakuasikan ke rumah keluarganya," ujar Caca.

Dia menyebutkan, diperkirakan tebing di Kampung Pasir Angin, dan Cilamping itu longsor karena kondisi tanah labil. Ditambah, sehari sebelumnya di kawasan tersebut hujan deras sempat mengguyur.
Belum diketahui berapa nilai kerugian material akibat kejadian longsor tersebut.

"Daerah ini seperti umumnya di wilayah Talegong, dan sekitarnya memang rawan longsor, dan pergerakan tanah. Kondisi tanahnya labil, dan berbukit-bukit," ucapnya.

Atas kejadian tersebut, Caca menghimbau warga selalu meningkatkan kewaspadaan untuk menghindari peristiwa serupa.

"Kita juga sangat membutuhkan bantuan, terutama logistik. Dan sampai saat ini hal itu memang belum ada," ujarnyaSaat dikonfirmasi kedinas terkait terutama dinas sosial tadi siangf belum menerima laporan namun caca mengatakan bahwa pihaknya sudah melaporkan .( Subakat )

SATU RUMAH DI CIJATI ASRI TERBAKAR

 Warga cijati asri blok I no1 RT 01 RW 15 kelurahan jayawaras kecamatan Tarogong kidul pada malam jumat 14/2 dikejutkan dengan kobaran api dari rumah salah seorang warganya yang terbakar menurut salah seorang warga api terlihat dari rumah bapak ahyar yang dikontrakan,namun pengontrak pada saat kejadian sedang tidak ada dirumah dan hanya ditunggui oleh sepasang suami istri yang menjadi pembantunya .

Api terlihat kira kira pukul 23 lebih 45 menit seperti diungkap agus salah seorang warga yang kebetulan rumahnya berdekatan tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu namun jumlah kerugian materi diperkirakan 300 jutaan .
 
masih menurut agus asal api belum bisa dipastikan berasal dari mana hanya yang jelas api baru bbisa dipadamkan pukul 01 lebih 30 menit ituypun atas gotong royong warga untuk memadamkan api dengan menggunakan pipa air dari PDAM karena mobil pemadam terlambat datang. mobil pemadam kebakaran baru datang sekitar pukul 12,15 .namun itupun hanya satu .(Subakat)
 

BALAS DENDAMKAH ACENG TERHADAP DPRD GARUT ?

berbeda dengan tahun tahun sebelumnya tahun ini dimana Kabupaten Garut akan merayakan Hari Jadinya  yang ke 200 atau 2 Abad, ziarah ke makam Bupati Garut pertama RAA Adiwijaya di Kampung Cipeujeuh Kelurahan Paminggir Kecamatan Garut Kota,kali ini tidak terlihat satupun anggota DPRD Kabupaten garut.

Padahal pada kegiatan tersebut kemarin jumat 15 pebruari dihadiri oleh Wabup Agus Hamdani; Sekretaris Daerah Iman Alirahman, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Garut, dan hampir seluruh kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Garut.
Prosesi ziarah pun baru dimulai agak siang, sekitar pukul 08.00 WIB karena cukup lama menunggu kedatangan Aceng. Senmentara raut muka Aceng terlihat agak lesu.

Prosesi ziarah berlangsung cukup khidmat. Ketidakhadiran anggota DPRD Garut pada acara tersebut karuan mengundang tanda tanya di sejumlah kalangan. Kebanyakan mereka menilai hal itu terkait ketegangan hubungan pihak DPRD dengan Bupati Aceng yang terjadi saat ini.

Secara politis, Aceng HM Fikri sudah tidak lagi dianggap sebagai Bupati Garut, menyusul pemakzulan Aceng HM Fikri dari jabatan Bupati Garut diusulkan DPRD ke Presiden RI belum lama ini.

"Kayaknya  sabtu besok (`16/2), giliran Bupati yang bakalan enggak hadir di rapat paripurna," ujar salah seorang pegawai Pemkab Garut yang enggan disebutkan identitasnya. Ketua DPRD Garut Ahmad Bajuri dikabarkan tengah sakit hingga tak dapat menghadiri ziarah dilakukan Bupati Aceng dan rombongannya itu.

Dan memang benar tadi pagi Aceng fikri masih bisa memimpin upacara peringatan Hari Jadi Garut ke 200 dilapang Otto Iskandardinata,Namun kali ini dihadiri oleh beberapa anggota DPRD Kabupaten Garut. Sekadar diketahui, pada Sabtu (16/2), peringatan Hari Jadi Kabupaten Garut ke-200 dengan acara utama Upacara di Lapang Otto Iskandardinata/alun alun Garut, dan Rapat Paripurna Istimewa DPRD Garut di gedung DPRD setempat tentang Peringatan Hari Jadi Kabupaten Garut ke-200 (1813-2013).

Ketika ditanya bahwa apqakah nanti akan hadir di paripurna Aceng sedikit ragu dan seperti bingung ," Gimana nanti hadir atau tidaknya tergantung kesehatan"ujarnya saat setelah selesai upacara .dan memang benar ternyata Aceng Fikri tidak hadir pada rapat Paripurna Istimewa tersebut tadi siang. sedangkan tidak ada satupun anggota DPRD  baikKetua maupun Wakil Ketua yang berkomentar tentang ketidakhadirannya Bupati Aceng pada acara tersebut.

Untuk pembacaan sambutan bupati Garut pun dibacakan olehWabup Agus Hamdani .

KEMBALI AHER BERGANGNAM RIA DI GARUT

Calon Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, akrab disapa Aher, menegaskan dirinya tetap berkomitmen tidak melakukan korupsi.dan ini dikuatkan dengan pernyataan istriAher bahwasannya Ia telah menyiapkan Peti Mati kalau Aher Korupsi. Hal itu ditegaskannya kembali usai melakukan senam pagi bergangnam stile ria bersama masyarakat di Lapang Olahraga Terbuka Merdeka Kerkoff Desa Haurpanggung Kecamatan Tarogong Kidul Garut, Minggu (17/2).

"Komitmen kita tidak korupsi. Kita hanya mencari barang yang halal, karena kita harus selama di dunia dan di akhirat," tegasnya kepada sejumlah wartawan. Aher menunjukkan salah satu komitmen anti korupsi dilakukannya seperti dilaksanakannya pelayanan pengadaan barang jasa melalui elektronik (on line) di Jawa Barat, sebagai salah satu cara dalam upaya mencegah korupsi.

"Jawa Barat bahkan merupakan pelopor se-Indonesia dan mendapatkan hadiah selama 4 tahun berturut-turut. Karena Jabar sudah melaksanakan tender secara elektronik pada tahun 2010, 2011, 2012, dan 2013," ujarnya.

Pada bagian lainAher juga menegaskan dirinya tidak merasa terganggu dengan munculnya sejumlah aksi black campaigne ditujukan kepadanya. Apalagi, dia yakin bila Panitia Pengawas Pemilu Jawa Barat dapat bersikap tegas, tahu betul mana berita benar, dan mana berita fitnah atau black campaigne.

"Saya tidak merasa terganggu, dan akan terus berjuang. Saya perintahkan semua tim sukses tidak melakukan black campaigne pada yang lain," ucapnya.

ketika ditanya tentang masalah program desa Aher menjelaskan bahwa itu merupakan janji dan harus ditepati tandasnya,Aher menyempatkan singgah di Garut, dan menyapa masyarakat yang berada di Lapang Kerkoff di sela perjalanannya menujuTasikmalaya untuk menggelar kampanye akbar, Rapat Umum Terbuka, di kota santri hari itu.

Aher datang ke Lapangan Kerkoff sekitar pukul 06.00 WIB, dan langsung bersenam ria ala gangnam style bersama ribuan masyarakat. Kehadiran Aher tak pelak disambut antusias masyarakat. Tampak menyertai Aher, isteri mantan Wakil Bupati Garut Dicky Candranegara, Rani Permatasari yang merupakan tim sukses pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Barat bernomor urut 4 itu. Sebelum meninggalkan Lapangan Kerkoff, Aher juga sempat menyapa masyarakat yang berada di pasar mingguan di arah Timur Lapangan Kerkoff.sementara itu Aher yang melakukan perjalanan ke Tasikmalaya di Garuit sendiri Tim Sukses lakukan pawai kendaraan roda dua dengan Rute Al Yasin menuju jln cimanuk masuk Ahmad Yani diteruskan ke arah copong dn berakhir dimargawati.(Subakat)

anggaran kpu hanya 47 miliar untuk pemilukada

KPUD garut telah membuat pengajuan untuk anggaran penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Garut 2013 sebesar Rp54 miliar,namun  hanya terealisasi Rp47 miliar pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Garut Tahun Anggaran 2013.
Ketua KPU Kabupaten Garut, Aja Rowikarim menuturkan, dibandingkan dengan biaya penyelenggaraan Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Barat di Kabupaten Garut, 

"Dana Pilgub untuk satu putaran saja sekitar Rp40 miliar, minus logistik. Sebesar Rp20 miliar diantaranya untuk bayar honor PPK, PPS, dan PPDB.itupun sudah ada yang di drop langsung dari jawa barat seperti kertas suara, Jadi bila dibandingkan Pilgub, dana Pilbup Garut masih di bawah dan sangat murah karena harus sampai ke RT/RW," kata Aja.

masih dikatakan aja rowikarim" Biaya Pilbup Garut jauh lebih kecil. Pasalnya,"memang righonya segitu amau apa kakatanya " dari anggaran Pilbup Garut sebesar Rp47 miliar, sebesar Rp32 miliar diantaranya habis untuk pembiayaan honor penyelenggara pemilu. Mulai KPU, PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan), dan PPS (Panitia Pemungutan Suara), serta PPDB (Petugas Pemutakhiran Data Pemilu). Selebihnya, dana digunakan untuk berbagai kebutuhan pengadaan barang.tandasnya

Sesuai jadwal, tahapan Pilbup Garut sendiri sudah dimulai Februari ini. Dalam waktu dekat, KPU segera membentuk PPK untuk Pilbup Garut yang hari H-nya ditetapkan pada 8 September 2013. Aja pun sempat khawatir akan rendahnya partisipasi pemilih pada Pilbup Garut. Hal itu berkaitan dengan kemungkinan terjadinya Pilgub Jawa Barat mencapai dua putaran.

"Jika Pilgub terjadi dua putaran, itu akan beriringan dengan program tahapan Pilbup. Dikhawatirkan ini akan memengaruhi partisipasi pemilih di bawah 50% dari sebelumnya sekitar 60%," katanya. Di lain pihak, Aja menyebutkan, pihaknya menemukan lembar surat suara rusak untuk Pilgub Jabar mencapai seribu lembar lebih. Semua surat suara rusak tersebut akan dikembalikan lagi ke KPU Provinsi Jawa Barat. Dia juga menegaskan banyaknya surat suara rusak itu takkan mengganggu penyelenggaraan Pilbup.

Aja menambahkan pendistribusian surat suara dan kotak suara sudah dimulai Senin (18/2) ini. Ditargetkan seluruh surat suara dan kotak suara tersebut sudah sampai di PPS pada 22 Februari, dan pada 23 Februari sampai di TPS. Sehingga semuanya sudah siap pada saatnya pemungutan suara pada 24 Februari 2013.(Subakat)

Tidak ada komentar

Silah Komen di sini, masukan anda sangatlah berarti.