Breaking News

Desa Tarogong Terpilih Sebagai Peserta Lomba Desa 2018 Perwakilan Tarogong Kidul

AR News Garut - Di tahun 2018 ini, desa Tarogong mendapatkan kehormatan untuk mewakili desa / kelurahan se-kecamatan Tarogong Kidul untuk mengikuti Lomba Desa / Kelurahan tingkat kabupaten. Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap tahun sekali diadakan perlombaan desa / kelurahan. Lomba Desa / Kelurahan ini merupakan evaluasi dan penilaian Kementerian Dalam Negeri terhadap perkembangan penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan yang cepat berkembang yang dilakukan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Jadi perlombaan yang dilaksanakan secara berjenjang, dimulai dari tingkat kecamatan sampai se-Inddonesia ini bukanlah sekedar perlombaan biasa.

Mengingat hal tersebut, bukan tanpa alasan desa Tarogong terpilih menjadi desa / kelurahan perwakilan kecamatan Tarogong Kidul untuk mengikuti lomba desa yang akan dinilai oleh Tim Penilaian 20 Maret mendatang.

Camat Tarogong Kidul, Hj.Lilis Neti S.Sos M.Si membenarkan bahwa desa Tarogong menjadi perwakilan dari kecamatan Tarogong Kidul. Hj. Lilis menilai desa Tarogong sangat layak untuk menjadi pemerintahan desa yang diandalkan dalam perkembangan  penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, maupun kemasyarakatan.

Menurut Kepala Desa Tarogong, Deni Nugraha, "selain masalah administrasi pemerintahan desa, yang menjadi unsur penilaian adalah sisi pemberdayaan masyarakat, terutama upaya pemerintah desa dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Untuk itu desa Tarogong akan menonjolkan hal tersebut. Karena (masyarakat) di (desa) kita ini memiliki beberapa home industri andalan, seperti batik sutera alam, batik tulis / cap, dan pembuatan aneka olahan makanan, kue bangket, moci, ranginang, dan lain-lain".

Deni mengaku akan bekerja semaksimal mungkin, bukan hanya untuk perlombaan desa / kelurahan semata. Bagi dirinya, menyukseskan program-program desa Tarogong sudah merupakan tanggung jawabnya dirinya secara mutlak selaku unsur pemerintahan desa demi kepentingan masyarakat.

Mengenai penilaian nanti yang akan dilaksanakan oleh Tim Epdeskel (Evaluasi Desa / Kelurahan) Tingkat Kabupaten dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (DPMPD), Dini yakin mereka akan memberikan penilaian seobjektif mungkin sesui dengan Permendagri no. 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa. (AR News / Liputan: BAJA - Editor:  BANGGA)

Unsur Pemerintahan Desa Tarogong Kec. Tarogong Kidul - Garut:

  • Kepala Desa : Deni Nugraha 
  • Sekretaris     : Hadi
  • Bendahara    : Dikdik Haris
  • LPM Desa    : Cecep Sobarudin (Ketua), Endang Suryana (Wakil Ketua)
  • BPD              : Iim Rohimat 
Dikdik Haris, Bendahara Desa Tarogong
Dikdik Haris, Bendahara Desa Tarogong
Iim Rohimat (Kiri), Ketua BPD Tarogong beserta PKK Desa Tarogong
Iim Rohimat (Kiri), Ketua BPD Tarogong beserta PKK Desa Tarogong

Berita Terkait Desa Tarogong Terpilih Sebagai Peserta Lomba Desa 2018 Perwakilan Tarogong Kidul: "contoh laporan lomba desa, kriteria penilaian lomba desa 2018, penilaian lomba desa tingkat kabupaten, instrumen penilaian lomba desa 2018, kriteria lomba desa tingkat kabupaten, permendagri tentang lomba desa, lomba desa tingkat kecamatan Tarogong Kidul"

Tidak ada komentar

Silah Komen di sini, masukan anda sangatlah berarti.