Breaking News

Meskipun Tidak Masuk Daftar Pemilih, Masyarakat Masih Bisa Menggunakan Hak Suaranya

Masyarakat yang tidak masuk DPT masih bisa menggunakan hak pilihnya pada pilkada serentak 2018
AR News Garut - Dalam rangka persiapan pengawasan  agenda rapat pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil pemutakhiran (DHPP) yg dilakukan oleh PPDP Se-kecamatan Tarkid oleh PPS Kelurahan dan Desa Se-Kecamatan Tarkid, (Selasa, 6-3-2018) jajaran Panwaslu Kecamatan Tarogong Kidul menggelar acara rapat persiapan. Rapat persiapan tersebut dihadiri oleh para anggota pengawas pemilu kecamatan dan panitia pengawasan lapangan (PPL) sekecamatan Tarogong Kidul.

Hermanto, koordinator divisi pencegahan dan hubungan antar lembaga Panwaslu kecamatan Tarogong kidul menyampaikan, "yang menjadi landasan teknis pada coklit data pemilih yaitu perbawaslu no 9 tahun 2017 dan PKPU no 2 tahun 2017".

Jejen, koordinator SDM Panwaslu kecamatan Tarogong Kidul mengamanatkan kepada segenap jajaran panwaslu kecamatan untuk bersikap kritis dalam pengawasan pleno coklit data pemilih yang akan digelar Panitia Pemungutan Suara (PPS) sekecamatan Tarogong kidul besok Selasa (6/3/2018).

Coklit data pemilih pada saat ini berbasis e-KTP. Sebagaimana syarat menjadi pemilih yakni mempunyai e-KTP. Bagi masyarakat yang belum masuk ke dalam format A.B.1-KWK (rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran desa / kelurahan) dan A.C.1-KWK (rekapitulasi daftar pemilih potensial non KTP elektronik desa / kelurahan) bisa mendatangi PPS untuk dimasukan namanya ke dalam daftar pemilih pada pilkada serentak 2018 di Garut Jawa Barat. 

Sebagaimana diutarakan Gery Muzayyin, ketua Panwaslu Kecamatan Tarogong Kidul, "pleno coklit ini bukanlah proses akhir dalam pemutakhiran data. Masyarakat tidak usah hawatir jika namanya tidak masuk pada hasil coklit sekarang. Masih ada kesempatan untuk memasukan namanya bagi masyarakat yang belum masuk (pada daftar pemilih) untuk dimasukan pada daftar pemilih".

Hasil akhir coklit ini pun menurut Gerry adalah sebagai awal tolak ukur pemutakhiran data selanjutnya. "Untuk itu diharapkan pro aktif masyarakat dalam menyukseskan proses pemutakhiran data pemilih pada pilkada serentak 2018". 

Bahkan menurut Gerry, masyarakat yang tidak masuk ke dalam daftar pemilih bahkan tidak masuk ke dalam daftar pemilih tetap (DPT), namun sudah memiliki e-KTP, masih bisa menggunakan hak pilihnya di TPS sesuai domisili di e-KTP pada hari pemungutan suara selama masih tersedia surat suara. (AR News Pilkada 2018)

Tidak ada komentar

Silah Komen di sini, masukan anda sangatlah berarti.